Teachers’ leadership Style in Teaching English at Junior High School 1 Koto Baru Dharmasraya

Teachers’ leadership Style in Teaching English at Junior High School 1 Koto Baru Dharmasraya

  • Widia Siska STITNU Sakinah Dharmasraya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data diperoleh dari semua guru bahasa Inggris yang berjumlah 4 orang di SMP N 1 Koto Baru, Dharmasraya. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga instrument yaitu observasi checklist, catatan lapangan dan angket. Setelah menganalisa data, peneliti menemukan bahwa gaya-gaya kepemimpinan yang digunakan oleh semua guru bahasa Inggris adalah authoritarian, democratic, laissez faire, dan transformational, serta yang paling dominan digunakan oleh mereka adalah gaya kepemimpinan democratic. Secara umum, semua guru bahasa Inggris telah mengaplikasikan gaya kepemimpinan democratic dan transformational dengan efektif. Sedangkan pengaplikasian gaya kepemimpinan authoritarian dan laissez faire secara umum belum efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Cleary, Sandra. 2008. A Hands on Approach: Write, Talk, Think, and Listen. Lansdowne: Juta & Co, Ltd.
Coetzee, SA, et all. 2008. An Educator’ s Guide to Effective Classroom Management. Pretoria: Van Schaik Publishers.
Fiore, Douglas J. 2009. Introduction to Educational Standards, Theories, and Practice. New York: Eye On Education.
Fitri, Nidya and Hartini. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Strategi Bermain Aktif pada Anak TK B Aisyiah Bustanul Athfal 1 Denpasar Tahun 2016, Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, 2 (1), 37-46
Gay, L.R and Peter Airasian. 2000. Educational Research Competence for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall Company.

Gay, L.R and Peter Airasian. 2012. Educational Research Competence for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall Company.

Kippenberger, Tony. 2002. Leadership Styles. Oxford: Capstone Publishing.
Moore, Kenneth D. 2001. Classroom Teaching Skills. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Paris, Judy L. 2010. Educational Leadership. New Jersey: Wiley Publishing, Inc.
Rogers, Bill. 2011. Strategies for Positive and Effective Behaviour Management and Discipline in Schools. Victoria: ACER Press.
Sellnow, Deanna D. 2005. Confident Public Speaking. Belmont: Thomson Learning, Inc.
Siska, Widia. 2022. An Analysis of Speaking Achievement of Extrovert and Introvert Students at The Second Year Students of Islamic Early Childhood Education Students of STITNU Sakinah Dharmasraya, Jurnal Eduscience (JES), 9 (3), 910-915
Swerdlow, Robert. 2013. Managing Skills for Teachers. Cambridge: Cambridge University Press
Diterbitkan
2023-02-07
Bagian
Articles