Analisis Peran Gerakan Sholat Lima Waktu dalam Meningkatkan Ibadah Sholat Siswa di SMKN 1 Lembah Melintang: Tinjauan Aliran Emperisme

Analisis Peran Gerakan Sholat Lima Waktu dalam Meningkatkan Ibadah Sholat Siswa di SMKN 1 Lembah Melintang: Tinjauan Aliran Emperisme

  • mita fitria STAI Yaptip Pasaman Barat
Kata Kunci: Management, GEMATU, Five Daily Prayers, Students

Abstrak

maksud dari pada tujuan dilakukan nya penelitian ini yaitu dalam rangka mengetahui mengetahui bagaimana peran Gerakan Sholat Lima Waktu disingkat GEMATU untuk meningkatkan solat lima waktu, kemudian kendala peranan GEMATU dalam meningkatkan solat lima waktu sehari semalam. Penelitian ini adalah bentuk dari penelitian lapangan atau juga disebut (field research) yang sifatnya kualitatif dan memakai metode deskriptif. Adapun data primernya yaitu siswa dan guru – guru di SMKN 1 Lembah Melintang. Selanjutnya untuk data sekunder yaitu buku –buku dan jurnal yang memiliki kesesuain dengan yg diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yang saya lakukan adalah obeservasi selanjutnya wawancara juga studi dokumentasi. Selanjutnya data yg sudah dikumpulkan selanjutnya akan diolah dengan beberapa cara. mereduksi data, selanjutnya disajikan data dan penarikan kesimpulan. Permasalahan di ditemukan di GEMATU adalah pada saat ini kurangnya disiplin peserta didik dalam melaksanakan sholat lima waktu, Adanya terdapat orang tua yang tidak menjadi tauladan dalam beribadah dalam hal ini sholat orang tua kadang sholat kadang tidak solat sama sekali, Orang tua yang sibuk bekerja dan jarang dirumah sehingga sholat anak tidak di kontrol. Tidak adanya hukuman dari orang tua apabila anaknya tidak sholat.  Ada juga orang tua yang menyuruh  atau mengingatkan sholat tetapi tidak konsisten sehingga ketika orang tua tidak mengingatkan maka anak nya pun tidak sholat.  Peserta didik yang suka lalai dan menunda-nunda waktu sholat sehingga dia tidak sholat sama sekali. . Kalau disekolah peserta didik sholat zuhur dan dikontrol dengan memakai buku kontrol sholat, tapi hanya sholat d sekolah saja. Peserta didik yang bergabung di GEMATU merasa termotivasi untuk melakukan sholat 5 waktu, juga merasa lebih bersemangat karna saling mengingatkan di Watshap Group. Meningkatnya jumlah waktu sholat Peserta didik ketika bergabung di GEMATU. Peserta didik sering tidak memiliki paket walaupun tidak semua siswa dengan begitu laporan dan motivasi yang ada di Whatsap Group sering tidak terbaca dan terkendala membuat laporan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ayu Rizky Amalia. 2019. SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Analisis kritis Teori konvergensi di SMA Islam Almaarif Singosari, VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4 Nomor 3 Tahun 2019
Akhmadi. 1992. Islam Sebagai paradigm Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Aditiya media dan IAIN Walisongo Press.
Al Syaibany Omar M. Al Toumy. 1979. Falsafah Pendidikan Islam Terjemahan. Jakarta: Bulan Bintang.
Ali Atabik dan Ahmad Zuhri Muhdlor. 1997. Kamus Kontemporer Arab Indonesia Surabaya :Pustaka Progresif.
Adriansayah, Roni, Mas’shum, Syahroni, dan Pemana, Hinggil. 2022. A Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam, AI’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (1), 29-34, https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1105
Amalia Ayu Rizky, Bakri Maskuri, Sulistiono Muhammad. 2019. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Analisis Kritis Teori konvergensi di SMA Islam Almaarif Singosari), VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (3), 110-120
Anshari. 2010. Teori Konvergensi Sejalan Dengan Ajaran Islam, Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 2 (1), 1-15
Arifin M. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi Aksara 1994
Aziz Shalih Abdul. Al Tarbiyah wa Turuqu Tadris. Juz I Bairut : Daar al Ma’arif t.th.
Azhari, Akhyas. 1996. Pikologi Pendidikan. Semarang: Dina Utama.
Brata Sumadi Surya. 1987. Psikologi Perkembangan ed. IV Yogyakarta :Rake Sarasin
Brata Sumadi Surya. 2001. Psikologi Perkembangan. Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Brata Sumadi Surya. 2002.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cet. 11.
Chaplin J.P. 2004.Kamus Lengkap Psikologi. Penerj Kartini-Kartono. Jakarta : PT Raja Grafindo
Djumransjah. 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia.
Darajat Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat Zakiah. et all. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Akrasa kerjasama dengan Depag
Echol John M. Hasan Sadily. 2003. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta : PT Gramedia
Feisal Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Idris Zahara. 1987. Dasar-dasar kependidikan. Padang : Angkasa Raya 1987.
Jalaluddin dan Abdullah. 1996. filsafat pendidikan ; konsep dan perkembangan pemikirannya. Jakarta ; Raja Grafindo Persada.
Julia A. Bambang Radea Hambali. 2003. Filsafat untuk umum. Jakarta; Prenada Media
Knight George R. 2007. Filsafat Pendidikan. Jakarta; Gama Media.
Meidawati Suswandari. 2017. Selayang Pandang Implikasi Aliran Pendidikan Klasik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1 (1), 33-44.
Mudyahardjo Redja. 2002.Pengantar Pendidikan; Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Munawwir, Ahmad warson. 1997. al-Munawwir. Kamus Arab Indonesia. Surabaya : Pustaka progresif
Noer Aly Hery dan Munzier. 2000. Watak Pendidikan Islam. Jakarta : Friska Agung Insani.
Prawira Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Umum. Yogyakarta: Ar Ruzz Media 2
Poerdarminta W.J.S.1998. KBBI. Jakarta ; Balai Pustaka
Ramayulis. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kalam Mulia 2005
Roni, Ma’shum Syahroni, Permana Hinggil, 2022, Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam. Al I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 1
Syah Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. V.
Sobur, Alex Psikologi Umum. 2011. Bandung : Pustaka Setia.
Sujanto, Agus. 1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sosiawan Edwi Arief. Manusia dan Perkembangannya. http://www.edwis.com. online.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung : PT. Rosda Karya.
Tafsir, Ahmad. 2009. Filsafat Umum Akal Dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.
Tirharahardja Umar dan La Sula. 1996. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaini Syahminan. 1986. Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia
Zuhairini. 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Diterbitkan
2023-03-15
Bagian
Articles