STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TASAWUF UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMA AL- ISTIQOMAH PASAMAN BARAT

STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TASAWUF UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMA AL- ISTIQOMAH PASAMAN BARAT

  • mita fitria STAI Yaptip Pasaman Barat
Kata Kunci: Learning Strategies, Sufism, Islamic Character

Abstrak

Penelitian ini membahas strategi pembelajaran PAI berbasis tasawuf untuk mengembangkan karakter Islami di SMA Swasta Al-Istiqomah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, sedangkan pendidikan agama Islam berbasis tasawuf menjadi sumber data utama penelitian ini. Kajian ini juga memasukkan gagasan tentang pemahaman teknik pembelajaran, teori tentang pendidikan agama Islam, dan keyakinan tentang bagaimana umat Islam mengembangkan kepribadiannya sebagai sumber data sekunder. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Proses reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan digunakan dalam metodologi analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, SMA Swasta Al-Istiqomah menggunakan dua teknik pembelajaran dalam pendekatan pembelajaran PAI tasawuf untuk menumbuhkan karakter Islami di SMA Swasta Al-Istiqomah menggunakan dua strategi pembelajaran yaitu strategi langsung dengan menggunakan targhib wa metode tarhib, persuasif sedangkan strategi tidak langsung melalui pembiasaan ibadah, keteladanan dan kedisiplinan serta keteladanan menghormati orang lain

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Albdullalh, Almin. 1998. “Problem Epistemologi-Metodologis Pendidikaln Islalm”. Pustalkal Pelaljalr, Yogyalkalrtal
Chalmalmi, Rikzal, 2013. Pendidikaln Sufistik: Mengungkalp Talrekalt Guru-Murid (Semalralng: Rizki Putral)
Dinalrni, Dialn, 2015. Pendidikaln Kalralkter Berbalsis Talsalwuf (Studi Alnallisis Kitalb All-Risallalt All-Qusyaliriyyalt Fi ‘Ilmi All-Talsalwwuf), Yogyalkalrtal: UIN Sunaln Kallijalgal
Khalirudin, H, 2014. Pendidikaln Sufistik Menurut Syalikh Albdul Qodir Jalilalni daln Relevalnsinyal Terhaldalp Pendidikaln Islalm (Telal’alh Kitalb all-Falth all-Ralbbalni Wall-Falyd all-Ralhmalni), Yogyalkalrtal: UIN Sunaln Kallijalgal
Muhalimin. 2002, Palraldigmal Pendidikaln Islalm, Remaljal Rosdalkalryal, Balndung
Depalrtemen Pendidikaln Nalsionall, 2003. Undalng-Undalng RI No.20 Talhun 2003 Sistem Pendidikaln Nalsionall (SISDIKNAlS), (Jalkalrtal: Sisdiknals)
Salhlaln, Alsmalun, 2009. Mewujudkaln Budalyal Religius di Sekolalh: Upalyal Mengembalngkaln PAlI dalri Teori ke Alksi. UIN-Malliki Press
Salmald, Duski, 2017. Konseling Sufistik (Talsalwuf Walwalsaln daln Pendekaltaln Konseling Islalm, Depok: Raljal Gralfindo Persaldal
Sugiyono, 2015, Metode Penelitialn Kombinalsi (Mix Methods), Allfalbetal, Balndung
Falisall Hendral daln Halnaldy Malrthal Lalural, 2019. Pengalruh Spirituall Quotient daln Emotionall Quotient Dallalm Proses Belaljalr Balhalsal Alralb, Jalkalrtal: Universitals All Alzhalr Indonesial (UAlI)
Tobroni, Pendidikaln Kalralkter dallalm Prespektif Islalm, dallalm Website http://tobroni.stalff.umm.alc.id/24 November 2010
Poerwaldalrmintal, 2007. Kalmus Umum Balhalsal Indonesial, (Jalkalrtal: Ballali Pustalkal)
Syalfri, Ulil Almri, 2014. Metodologi Pendidikaln Alkhlalk Dallalm Perspektif All-Qur‟aln (Alnallisis Terhaldalp Alyalt-Alyalt All-Qur‟aln Ber-lalfaldz “Yâ Âyyuhâ all-Laldzînal Âmalnû”), (Jalkalrtal: UIN Syalrif Haldalyaltullalh)
Mujtalhid. 2016. Model Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Melallui Pendekaltaln Terintegralsi dallalm Perkulialhaln. (Mallalng: UIN Malulalnal Mallik)
Naltal, Albuddin, 2005. Pendidikaln dallalm Perspektif Haldis, (Jalkalrtal: UIN Jalkalrtal Press)
Diterbitkan
2023-05-30